Translate

Jumat, 19 Juni 2015

Sapi dan Kerbau



Oleh: Hafidali25
   Pada suatu hari, hidup dua kelompok kawanan hewan yaitu, kerbau dan sapi. Mereka semua adalah hewan ternak di sebuah Peternakan yang ada di sebuah desa. Walaupun mereka semua sama - sama hewan ternak, hidup dua kelompok hewan tersebut selalu bermusuhan dan tidak pernah akur setiap hari.
   Di siang hari yang tenang, pada saat peternak sedang mengangun mereka di padang rumput yang luas, terjadi keributan dari dua kelompok hewan tersebut. "Hey, Sapi! Percuma saja kalian makan sampai perut kenyang disini dan akhirnya kalian semua nanti akan diambil air susunya. Hahahaha...!", ucap seekor kerbau yang berada di kelompoknya dengan tertawa sombong. Seekor sapi terhenti makan setelah mendengar perkataan itu, dan segera menjawab dengan marahnya, "Apa kau bilang, Kerbau?!" . "Daripada kalian, apa untungnya menjadi hewan tenaga pembajak sawah, hah?" balik bertanya dari seekor sapi kepada sekelompok kawanan kerbau sambil meneruskan makan siangnya itu. "Hahahaha....! Kasihan sekali kalian", seluruh kawanan sapi tertawa terbahak - bahak mendengar perkataan itu. Mendengar perkataan itu, seekor kerbau tadi tidak terima dan berkata, "Yang terpenting kita lebih baik dari mereka, lihatlah kawan - kawan mereka terlahir penuh dengan bercak hitam bagaikan tato di tubuhnya". "Hahahaha.. Betul itu!", sahut kerbau lain. “Daripada kalian wahai kerbau, selalu bermain ditempat yang kotor. Pantas saja kalian kotor dan kumuh”, balas  dari seekor sapi tersebut sehingga membuat emosi seekor kerbau. “Aaaaah! Beraninya kau, sapi!”, kata seekor kerbau sambil menghampiri seekor sapi itu didepannya. "Kau mau membuat masalah disini rupanya, yah? menantangku untuk berkelahi? Oke, tidak masalah", kata seekor sapi yang mengerti maksud kerbau tersebut untuk mengajak berkelahi. Suasananya pun berubah dari tenang menjadi kacau, dari saling ejek mengejek sampai terjadi perkelahian yang berakhir keduanya babak belur.
   Keesokan harinya, saat dua kelompok hewan tersebut sedang dikandang masing - masing , ada seorang pembeli yang ingin membeli sapi untuk dijadikan hewan sembelih. Sontak saja semua sapi di peternakan terkaget, karena salah satu anggotanya telah terpilih untuk di jadikan hewan sembelih. Kejadian ini menyebabkan seluruh sapi bersedih dan merasa kehilangan. Salah satu seekor kerbau tersentuh hatinya melihat kejadian tersebut dan berkata kepada kawanan sapi, "Jadi, seperti ini kalian. Walaupun bukan kalian yang terpilih untuk disembelih, tetapi kalian merasa kehilangan karena teman kalian telah tiada". "Kita semua ditakdirkan untuk hidup bersama - sama, kita senang melihat teman kita senang, kita sedih melihat teman kita sedih", jawab seekor sapi kepada kerbau itu. Mendengar perkataan itu, seekor kerbau mewakili kerbau lainnya meminta maaf dengan berkata, "Sapi, maafkanlah perbuatanku dan juga dari kerbau lainnya yang telah mengejek dan menghina kalian. Di belakang mata kami, ternyata kalian adalah hewan baik yang setia kawan". "Iya, sapi maafkanlah perbuatan kami yang membuatmu tersakiti,  dan maukah kita hidup bersama dengan damai walaupun dari dua kelompok berbeda?", tanya kerbau lainnya. "Itulah yang diinginkan kami, walaupun kita berbeda tetapi kita bisa hidup damai bersama - sama suka maupun duka tanpa memandang kekurangan dan kelebihan", jawab seekor sapi dengan senyuman dan senang hati menerima permintaan persahabatan itu. Akhirnya, mereka hidup dengan damai dan tenang bersama - sama.

Bagikan

Jangan lewatkan

Sapi dan Kerbau
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Apa Pendapatmu tentang cerita itu? Gunakan juga: